MENU

Mengapresiasi dan Menstimulasi Kemampuan Anak

Mengapresiasi dan Menstimulasi Kemampuan Anak

Ilmu tanpa akal bagai memiliki sepatu tanpa kaki. Dan akal tanpa ilmu bagai memiliki kaki tanpa sepatu

Ali bin Abi Thalib

Demikian pula harapan kita semua, semoga apa yang telah dipelajari dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, setelah ananda KB-TK Bintang Cendekia-2 melaksanakan program unggulan, yakni Student Led Conference (SLC). 

Pada kesempatan ini, ananda menyajikan sebuah konferensi, dimana murid sendiri lah yang menjelaskan segala hal, yang telah mereka pelajari dan mereka lakukan pada pembelajaran term IV ini, kepada orangtua atau wali mereka masing-masing.

Khususnya karena tema yang diangkat kali ini adalah Muhammad lover, maka ananda distimulasi untuk mengenal, mencintai dan mengikuti sunnah Nabi sallahu alaihi wasallam. Misalnya, bagaimana Rasul mencintai keluarganya, bagaimana adab Rasul sejak bangun tidur hingga kembali tidur. Mulai dari hal yang sederhana ini, kami yakin akan memudahkan ananda kelak mengikuti jejak nabiyullah kedepannya.

Melalui SLC ini, orangtua juga menjadi tahu apa saja hal yang perlu diapresiasi dan distimulasi dalam hal keberanian, kemandirian, dan kemampuan berbahasanya. 

Hal yang terpenting sebagai pembelajaran bagi ananda adalah belajar untuk mempertanggungjawabkan setiap hal yang telah dilakukan oleh murid dalam setiap pembelajaran yang ada di sekolah. Seluruh proses SLC dipimpin oleh siswa dan dipandu oleh Guru. 

Siswa melakukan presentasi melalui hasil karya yang telah dibuat, berikut dokumentasi kegiatan mereka di dalam kelas. Setelah selesai, orang tua menulis refleksi sesuai dengan panduan yang telah diberikan.

Jika SLC dapat berlangsung dengan baik, lancar dan berhasil, kami percaya bahwa ini adalah anugerah yang besar dari Allah swt sehingga setiap guru maupun murid, dimampukan untuk melakukan setiap bagiannya dengan sebaik mungkin. (TIM Media BC)

KOMENTAR