MENU

Reading Book dengan Cara yang Menyenangkan

Reading Book dengan Cara yang Menyenangkan

“Membaca tanpa merenungkan adalah bagaikan makan tanpa dicerna”

(Mohamad Hatta). 

Aktifitas membaca telah lama digemingkan di segala bidang sektor, terutama dalam bidang pendidikan. Begitu pentingnya membaca dalam kehidupan sehari-hari hingga diibaratkan sebagai multivitamin otak untuk menstimulasi pemikiran agar terus terbuka.

Di Jumat yang penuh berkah, KBTK Bintang Cendekia-2 telah melaksanakan salah satu program unggulan yang dilakukan setiap hari sebelum memasuki kegiatan inti. Dimana aktifitas ini sering dikenal dengan nama reading book, yakni adanya interaksi langsung antara anak dengan buku-buku pilihan yang telah disediakan oleh sekolah seperti, buku sains, buku para ulama, buku penanaman akhlak, buku ensiklopedi, dan masih banyak lainnya. Melalui  buku-buku pilihannya, lalu anak-anak membacanya sesuai dengan bahasanya masing-masing.

Nah, yang biasanya reading book dilakukan di area masing-masing kelas dan berlangsung  pada tiap reading corner class, kali ini konsep reading book berbeda. Hari ini anak-anak dibacakan sebuah buku oleh salah satu ibu guru, yakni bunda Imelda Dewi Maliza, S.Pd dengan tambahan media elektronik menggunakan infokus. Melalui slide buku cerita yang sudah diformula, fokus anak-anak terlihat meningkat, antusias saat mendengarkan dan menyimak pun terasa. 

Adapun pesan yang disampaikan dalam buku tersebut yakni, mengenal ciptaan Allah SWT, mensyukuri kebesaran Allah, mengetahui proses terjadinya hujan serta manfaat hujan. 

Kegiatan reading book ini diharapkan akan memperbanyak kosa kata, menstimulasi memori, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan keterampilan berpikir analitis. Selain itu anak-anak akan memiliki rasa ingin tahu yang lebih tinggi, memicu rasa gemar membaca, karena dengan membaca jadi banyak tahu, juga memiliki rasa tanggung jawab. Hal ini seperti yang disampaikan oleh sahabat Nabi, Ali bin Abi Thalib, "Siapapun yang terhibur dengan buku-buku, kebahagiaan tak akan sirna dari dirinya. (Tim Media BC)

KOMENTAR