MENU

PGTK Bintang Cendekia Sutomo Asah Kemandirian Murid Melalui Kegiatan Outbound

PGTK Bintang Cendekia Sutomo Asah Kemandirian Murid Melalui Kegiatan Outbound

Pekanbaru(SegmenNews.com)- PGTK Bintang Cendekia Jalan Sutomo, Pekanbaru, Riau membentuk kemandirian dan melatih rasa percaya diri anak didik melalui kegiatan outbound.

Salah satu guru PGTK Bintang Cendekia Sutomo, Beni, Kamis (22/9/16) mengatakan kegiatan outbound dilakukan sekali dalam tiga bulan per level tingkatan sekolah.

Kegiatan outbound dilakukan diberbagai lokasi wisata, salahsatunya di taman alam mayang Pekanbaru.

Disana anak didik mengawali kegiatan dengan senam pemanasan, di lanjutkan dengan bermain flaying fox.

Dibeberkan Beni, ada banyak manfaat dari Kegiatan Outbound ini, diantaranya menimbulkan rasa percaya diri, sebab permainan flyng fox (meluncur dari ketinggian tertentu dengan bantuan tali dan katrol) awalnya mungkin akan membuat anak takut.

Namun setelah mereka melaluinya, anak anak akan merasa bangga, sehingga menimbulkan rasa percaya diri bagi anak.

Selain itu, pada kegiatan lainnya juga melatih kemampuan sosial, sebab dalam permainan outbound ada kerjasama tim. Anak anak harus melakukan komunikasi yang baik dengan timnya.

Anak anak juga akan lebih mandiri, karena tidak ada campur tangan orangtua dan bermanja-manja.

“Anak anak akan lebih kreatif, dan dengan sendirinya juga akan menumbuhkan rasa cinta alam,” ujar Beni.

Disamping itu, kepala sekolah PGTK Cendekia Sutomo, Sulis Setiawati, menyatakan kegiatan di alam terbuka membuat anak berinteraksi langsung dengan alam. Tentunya akan menimbulkan rasa kepedulian terhadap alam dan lingkungan di sekitar mereka.

“Pada usia Golden Age ini dapat membentuk karekter leadership anak sejak usia dini, seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah Nabi Muhammad SAW,” jelas Sulis.***(Heri Suryadi)

KOMENTAR