MENU

Menyiapkan Anak untuk Memperoleh Ilmu Nafi’

Menyiapkan Anak untuk Memperoleh Ilmu Nafi’

bintangcendekia.sch.id | PEKANBARU – SD Islam dan Leadership Bintang Cendekia mengadakan Parenting Perdana dan Sosialisai Program (Sosprog) bagi orang tua siswa level 1, Sabtu (13/7) lalu di Aula Bintang Cendekia. Kegiatan ini mengusung tema “Peranan Orang Tua dalam Mengantarkan Ananda Menuntut Ilmu dan Menggapai Ilmu Nafi’".

Menurut Kepala SD Islam dan Leadership Bintang Cendekia, Ibu Nur Amanah, S.Psi  bahwa kegiatan parenting ini sangat penting bagi orang tua, untuk menyamakan langkah dan persepsi agar dapat bersinergi menyiapkan anak-anak untuk memperoleh ilmu.

“Kerjasama antara orang tua siswa dengan sekolah penting dalam mensukseskan pendidikan anak-anak, dan kita berharap orang tua dapat mendukung sepenuhnya kegiatan-kegiatan yang sekolah untuk menyiapkan generasi agar memperoleh ilmu yang bermanfaat dan menjadi pribadi yang berakhlak baik,” tutur ibu Amanah.

Pada kesempatan ini, hadir sebagai pemateri ustaz Tajuddin Nur Lc Al Hafiz. Ustaz Tajuddin menyebutkan bahwa kesiapan anak-anak menuntut ilmu dimulai dari kesiapan orang tua. Anak-anak mencerminkan budi orang tua masing-masing. Sebab menurutnya, anak adalah karunia yang diberikan Allah. Maka peran orang tua utamanya adalah menguatkan jiwa dan ruh anak agar siap menuntut ilmu.

Agar anak mendapatkan ilmu yang bermanfaat, maka dimulai dari pendidik yang baik. Pendidik yang utama adalah orang tua. Maka karakter pendidik sangat penting, karena menjadi cerminan bagi anak-anak. “Jika ada sifat-sifat yang kurang baik pada diri anak, maka pastikan apakah sifat itu juga ada dalam diri pendidik itu (orang tua),” jelas Ustaz Tajuddin.

Menurutnya orang tua mesti menghindari dan menjauhkan diri dari sifat pemarah. Meskipun tujuan orang tua saat marah adalah memberikan nasihat pada anak merupakan hal yang perlu, tapi cara memberikan dan memasukkan nasihat pada hati anak kurang tepat dengan memarahinya.

Ustaz Tajuddin pun mengutarakan beberapa momen yang cukup tepat untuk menyampaikan nasihat pada anak. Hal ini dirujuk dari buku Parenting Prophetic, bahwa disebutkan di antara waktu yang dimaksud adalah saat dalam perjalanan, seperti saat mengantarkan anak ke sekolah. Maka saat yang tepat memberikan nasihat yang bermanfaat. (Media BC)

KOMENTAR